Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
ARTJOG MMXXI: Arts in Common - Time (to) Wonder

ARTJOG MMXXI: Arts in Common – Time (to) Wonder Menjadi Gelaran Seni Rupa Tahun 2021


Diwartakan oleh Utroq Trieha pada 14 April 2021   (2,818 Readers)

Pagebluk Covid-19 tahun 2020 membuat bumi dan para makhluknya ini menjadi tak menentu, tak terkecuali ragam manusia yang ada di negeri kita Indonesia ini. Ragam aktivitas yang pada waktu-waktu sebelumnya bisa dinikmati tanpa kendala berarti, pada akhirnya akibat dari Covid19 semua menjadi susah dimengerti. Tak terkecuali dengan ARTJOG, terpaksa juga harus ditunda helatannya di edisi tahun 2020 (MMXX) yang mengusung tajuk time (to) wonder, hingga kemudian para awaknya harus bersiasat dan kemudian menggantikannya dengan sebuah edisi tanggap darurat; ARTJOG Resilience, guna merespon kondisi saat itu.

Selanjutnya ARTJOG MMXXI juga harus dihadapi seiring berjalannya waktu, di mana pageblug Covid tersebut juga telah melanda satu tahun lebih lamanya. Dengan tempat serupa dengan waktu-waktu sebelumnya, yaitu di area Jogja National Museum, maka ARTJOG MMXXI: Arts in Common – Time (to) Wonder mau tak mau tetap harus diagendakan, yaitu tepatnya mulai pada tanggal 8 Juli hingga 31 Agustus 2021, tentu juga dengan tetap memberlakukan sistem kunjungan terbatas sekaligus menerapkan protokol kesehatan.

Festival Seni Kontemporer ARTJOG: RESILIENCE Th 2020

Dapat diketahui bahwa sejak akhir tahun 2018 silam, rangkaian penyelenggaraannya selama tiga tahun ke depan, ARTJOG Arts in Common telah mematok tiga kata kunci, yaitu ‘ruang’, ‘waktu’ dan ‘kesadaran’. Daripada harus menempatkan ketiganya sebagai konsep yang terpisah satu sama lain, ARTJOG merancang fokus kuratorialnya sedemikian rupa sehingga ketiganya saling melengkapi dan menegaskan. Dengan cara inilah, harapannya agenda Arts in Common dapat termanifestasikan secara koheren sebagai sebuah seri pameran.

Time (to) Wonder sebagai tajuk kedua setelah common|space (2019), sedianya berlangsung pada bulan Juli-Agustus 2020. Meskipun jadwal penyelenggaraan festival bergeser, formasi seniman ARTJOG MMXXI – time (to) wonder tidak berubah. Berjalannya waktu hingga tahun 2021 kali inipun,  ARTJOG yang memiliki situs di www.artjog.id ini juga akan tetap menghadirkan kembali program-program andalan; seperti Special Project, Young Artists Awards, dan Daily Performance, disamping program edukasi publik Curatorial Tour dan Meet the Artist.

Expanded ARTJOG juga tetap hadir sebagai program baru yang akan terus berlanjut di ARTJOG kedepannya. Kolaborasi dengan praktisi dokumenter untuk merekam realita di sekitar ARTJOG masih dijalin untuk terus memberi pengalaman yang berbeda bagi publik. Selain itu, masih dalam semangat kemanusiaan, ARTJOG MMXXI bersama ARTCARE INDONESIA juga kembali mewadahi rasa kepedulian para seniman di masa pandemi yang belum usai ini. Selanjutnya dalam pelaksanaan ARTJOG ini tentunya juga tak bisa lepas dari Jogja Art Weeks sebagai sebuah inisiatif yang terus berupaya menggerakkan ekosistem kreatif di Jogja dan sekitarnya.

Perihal presentasinya, pengelolaan festival seni kontemporer ini juga tetap dilakukan dengan metode daring sekaligus fisik. Hal ini dilakukan ARTJOG tak lain adalah sebagai sebuah usaha untuk terus mempertemukan berbagai gagasan dan praktik berkesenian, serta mendekatkan hal tersebut ke hadapan publik. [uth]

4.8/5 - (6 votes)

Simak Pula Pawarta Tentang , Atau Adicara Menarik Lain Oleh Utroq Trieha


Tentang Utroq Trieha

BACA JUGA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *