Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Hibah Seni PSBK 2018

Hibah Seni PSBK Tahun 2018


Diwartakan oleh Official Adm pada 6 Februari 2018   (4,086 Readers)

Di bawah ini adalah panduan tentang Hibah Seni PSBK Tahun 2018, dengan batas waktu pengajuan pada; Selasa, 27 Februari 2018.

Pedoman Pengajuan Lamaran Hibah Seni PSBK Tahun 2018

Hibah Seni PSBK 2018Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) mengundang para seniman Indonesia untuk mempresentasikan karya pertunjukan dalam acara Jagongan Wagen di PSBK. Jagongan Wagen adalah platform presentasi karya pertunjukan yang difasilitasi dan diselenggarakan setiap bulan kecuali Januari dan Ramadhan. Sejak 2007, ruang ini menyediakan dialog edukatif antar seniman dan penonton melalui pementasan.

Program ini berupaya untuk menjelajahi kemungkinan-kemungkinan baru dalam pencapaian artistik seniman/kelompok seni tari, musik, dan teater. Kami percaya dengan dukungan produksi, para seniman mampu mewadahi dan mewujudkan gagasan artistiknya kepada masyarakat dalam ruang presentasi pertunjukan dengan lebih baik. Dengan program ini, kami juga berharap akan kemunculan karya-karya baru yang segar dan memperkaya khasanah seni pertunjukan, serta akhirnya mewarnai kehidupan masyarakat di Indonesia.

TUJUAN HIBAH SENI PSBK TAHUN 2018

  • Mendukung seniman/kelompok seni untuk mewujudkan karya baru yang menawarkan kesegaran baik dalam gagasan maupun dalam bentuk karya.
  • Mendukung seniman untuk terus berkarya dengan fasilitas akses dana pendukung penciptaan, dampingan kurasi PSBK, tempat latihan, produksi presentasi, promosi dan dokumentasi acara pertunjukan, serta akses ke penonton.
  • Mencari dan memfasilitasi bibit-bibit baru dalam seni pertunjukan yang sesuai dengan perkembangan zaman di Yogyakarta khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

SYARAT DAN KETENTUAN LAMARAN

  1. Mengajukan lamaran dengan mengirimkan formulir yang telah diisi, dilengkapi lampiran CV ringkas (maksimal 2 halaman), sertakan rekaman contoh karya sebelumnya.
  2. Peraih Hibah Seni Jagongan Wagen sanggup memenuhi kewajiban untuk:
    a. mewujudkan karya baru untuk dipresentasikan pertama kali (premier) pada acara Jagongan Wagen edisi (pilihan) tahun 2018 di PSBK,
    b. mengikuti time-line dan tahap proses produksi penciptaan dan presentasi karya yang ditentukan tim pelaksana program JW PSBK,
    c. mempresentasikan perkembangan karya secara berkala pada tim kurasi PSBK dan,
    d. melaksanakan latihan minimal lima kali di lokasi PSBK.
  3. Gagasan karya yang dapat didukung melalui program Hibah Seni Jagongan Wagen bisa berupa tari/teater/musik/interdisipliner. Pementasan karya dengan durasi minimal 45 menit dan maksimal 90 menit, dapat terdiri dari beberapa nomor atau satu pertunjukan utuh.
  4. Peraih Hibah Seni boleh mendapat bantuan dana dari pihak lain.
  5. Peraih Hibah Seni sanggup untuk membagikan proses kreatif dan kekuatan seninya dalam sebuah kegiatan Masterclass di PSBK.

FASILITAS BAGI SENIMAN PENERIMA HIBAH

  1. Akses ruang/tempat latihan di PSBK selama 1 bulan (6 hari dalam 1 Minggu, terhitung mundur dari tanggal acara pertunjukan Jagongan Wagen) pukul 09.00 s/d 21.00 WIB.
  2. Konsumsi berupa makanan kecil dan minuman selama sesi latihan di PSBK (5 kali), dan makanan berat ketika Technical Rehearsal, General Rehearsal dan acara Pertunjukan.
  3. Perlengkapan artistik panggung (tata cahaya, tata suara, properti, dan generator) yang disediakan dan diatur penggunaannya oleh PSBK.
  4. Publikasi acara oleh PSBK dan Bakti Budaya Djarum Foundation (poster, flyer, spanduk, website, facebook, twitter, dan instagram PSBK).
  5. Layanan Ruang Njagong (House Management) PSBK saat acara presentasi Jagongan Wagen.
  6. Dokumentasi berbentuk foto (yang sudah diolah), video (yang sudah diolah dalam bentuk file MP4), dan tulisan (features) untuk Seniman Penggagas yang akan diberikan selambat-lambatnya satu bulan setelah acara presentasi seni berlangsung.
  7. Dukungan berupa dana antara 5 juta s/d 6,5 juta rupiah.

Catatan:
Bagi seniman yang tidak berdomisili di Yogyakarta, PSBK tidak menanggung akomodasi seniman selama berada di Yogyakarta, di luar fasilitas yang telah disebutkan.

SENIMAN YANG TIDAK DAPAT MELAMAR HIBAH SENI PSBK TAHUN 2018

  1. Seniman individu/kelompok kesenian pelajar dan mahasiswa.
  2. Seniman individu/kelompok yang merupakan bagian dari organisasi politik, militer, atau pemerintahan.
  3. Seniman individu/kelompok kesenian yang sedang menjalankan program PSBK lain pada tahun 2018.
  4. Seniman yang merupakan anggota Tim Kurasi PSBK atau staf PSBK.

TAHAPAN PENGAJUAN LAMARAN

  1. Bacalah Panduan Lamaran ini secara cermat.
  2. Siapkan Curriculum Vitae (CV) Sutradara/Koreografer/Komponis atau Kelompok Seni maksimal 2 halaman.
  3. Dapatkan formulir lamaran dengan cara :
    – Mengunduh Formulir via website: www.psbk.or.id
    – Datang langsung ke kantor PSBK untuk mengambil formulir, *Senin-Jumat, 09.00-17.00 WIB, kecuali hari libur nasional dan cuti bersama.
    – Mengirim email ke info@psbk.or.id
  4. Kirimkan Formulir yang telah diisi, CV, dan foto kopi KTP dengan attachment ke info@psbk.or.id. Semua dokumen tersebut dalam format pdf sebagai satu dokumen (tidak terpisah-pisah) dengan penamaan file: NAMA SENIMAN/KELOMPOK_ JUDUL KARYA _LAMARAN_HIBAHJW_2018
    Contoh: JARINGPROject_SEKAR MURKA_LAMARAN_HIBAHSENI_2018
  5. Pelamar Hibah Seni Jagongan Wagen wajib menyertakan satu rekaman karya terpilih yang telah dibuat sebelumnya dalam DVD, flashdisk atau dengan menuliskan tautan youtube, Google Drive, Dropbox, karya tersebut dalam tabel dokumentasi yang tersedia dalam formulir. Video yang dikirimkan adalah rekaman utuh dan mohon menggunakan penamaan file materi dokumentasi tersebut sebagai berikut :
    NAMA SENIMAN/KELOMPOK_ JUDUL KARYA_TEMPAT/TAHUN PEMENTASAN
    Contoh: AYU PERMATA SARI_MARKA_ PSBK/2018
  6. Berkas lamaran dan kelengkapan tersebut dapat dikirim via pos/kurir, atau diantar langsung ke:
    Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Dusun Kembaran, RT 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta 55183. Telepon/ Fax: (0274) 414-404, Email: info@psbk.or.id , Website: www.psbk.or.id
  7. Batas akhir penerimaan lamaran adalah Selasa, 27 Februari 2018, pukul 18.00 WIB

TAHAPAN PROSES SELEKSI

  1. Open Call: Masa pengiriman berkas lamaran dan gagasan karya
    -Batas Waktu: Selasa, 27 Februari pukul 18.00 WIB
  2. Seleksi berkas dan gagasan oleh PSBK
  3. Pelaksanaan Wawancara dengan Calon Seniman
  4. Pemberitahuan Hasil Seleksi dan Proses Kesepakatan Kerja sama
  5. Pengumuman Penerima Hibah
    – Diumumkan melalui media PSBK
    – Batas Waktu: 10 Maret 2018

NARA HUBUNG:

Aik Vela Pratisca
Whatsap PSBK : 082141416252
Telp : (0274) 414-404
Email : info@psbk.or.id

Petunjuk selengkapnya dan juga pengunduhan formulir, sila menuju laman google-drive PSBK tertaut.

 

5/5 - (3 votes)

Simak Pula Pawarta Tentang , Atau Adicara Menarik Lain Oleh Official Adm


Tentang Official Adm