Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

4.9/5 - (7 votes)
HIGHLIGHT
   
Inilah Syarat dan Ketentuan Registrasi W:O:A Metal Battle Indonesia Tahun 2020

Inilah Syarat dan Ketentuan Registrasi W:O:A Metal Battle Indonesia Tahun 2020


Diwartakan oleh Official Adm pada 1 April 2020   (3,993 Readers)

W:O:A Metal Battle Indonesia yang merupakan kompetisi berskala nasional kali ini dihelat kembali sebagai tahun ke-4, yaitu sejak gelaran itu dimulai pada tahun 2017 silam. Dari awal helatan tersebut, kompetisi ini di Indonesia mengantongi legalitas dari pihak Wacken Open Air -Jerman, di mana pihak W:O:A dari negeri panser tersebut memang menyelenggarakannya sebagai salah satu sub-program yang dilaksanakan oleh puluhan negara di seluruh dunia.

Para juri W:O:A Metal Battle Indonesia, di tahun 2020 ini membidik “Indonesian Metal” sebagai fokus utamanya, yang itu bisa diartikan bahwa yang diutamakan adalah penilaian pada musik ekstrem sebagai wakil identitas tanah air, baik secara musik, instrumen pendukung, kostum, tarian, dan hal lain yang menyertainya.

Sebagaimana yang telah diketahui bersama, negeri kita Indonesia ini mempunyai kekayaan budaya yang tak diragukan lagi keaneka-ragamannya. Itu artinya, sumber daya seni musik tradisional bisa ditemukan di hampir tiap sudut di negeri ini. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa potensi yang ada di Indonesia menjadi modal yang tak bisa diabaikan lagi dalam merebut gelar pada kompetisi W:O:A Metal Battle Internasional. Karena itu, band ataupun grup musik yang mengikuti kompetisi ini tidak hanya menjadi kelompok yang memiliki kualitas bagus, namun lebih dari itu, diharapkan  karakter bermusiknya juga bisa menjadi kuat sekaligus istimewa.

Memang secara berturut-turut selama tiga tahun sebelumnya, ada tiga nama yang terpilih guna mewakili Indonesia di kancah kompetisi Jerman tersebut, ialah Beside pada tahun 2017, Down For Life di tahun 2018, dan Taring pada tahun 2019 silam. Hanya saja kesempatan untuk membawa pulang predikat lima besar masih belum berhasil dikantongi oleh ketiganya.

Mengamati beberapa langkah dan pengalaman yang dilalui oleh ketiga band sebagai wakil dari Indonesia tersebut sepantasnya bisa dijadikan sebagai bekal sekaligus catatan bagi band-band yang berkesempatan bakal mewakili Indonesia tahun 2020 ini. Satu hal yang pasti menjadi target adalah; bahwa mengantongi tropi di W:O:A Metal Battle -Jerman masih menjaditujuan utama.

Berkaitan dengan kompetisi Wacken Open Air Metal Battle Indonesia 2020 alias W:O:A Metal Battle Indonesia 2020 tersebut, maka pada bulan Maret hingga bulan Mei 2020 menjadi waktu dan kesempatan untuk mendaftarkan diri band kamu.

Kesempatan ini dalam mengikuti kompetisi W:O:A Metal Battle Indonesia ini bersifat terbuka bagi semua band dengan aliran musik ekstrem, baik itu metal, hardcore, punk, rock, dan semacamnya, di mana band tersebut telah memiliki karya sendiri.

Profil Juri WMBI a.k.a W:O:A Metal Battle Indonesia 2020

Di bawah ini adalah beberapa nama para juri W:O:A Metal Battle Indonesia, yang pada tahun 2020 ini membidik “Indonesian Metal” sebagai fokus utamanya;

  • Man Jasad

Vokalis band Jasad yang juga aktif di ranah kebudayaan sunda. Bersama band Jasad dan Karinding Attack Man telah berhasil melanglang buana memperkenalkan musik metal dan musik karinding sebagai bagian dari budaya sunda. Man juga aktif terlibat sebagai juri internasional yang mewakili Indonesia di ajang Final Metal Battle di Wacken Open Air di Jerman sejak tahun 2017.

  • John Resborn

Jurnalis musik asal Swedia yang aktif mengelola portal media The Metal Rebel. Bersama Man, John Resborn berperan besar dalam meyakinkan pihak Wacken Foundation untuk menggelar Wacken Metal Battle di Indonesia. Pada tahun 2017 John pernah terpilih sebagai juri untuk ajang Wacken Metal Battle di Indonesia. John Resborn juga bertugas sebagai international tour manager bagi band yang mewakili Indonesia di ajang Wacken Open Air.

  • Sascha Jahn

Sascha adalah metalhead asal Jerman yang bertindak sebagai head manager atau ‘kepala sekolah’ dari program Wacken Metal Battle International yang berkantor pusat di Wacken, Jerman. Aktif mengelola program Wacken Metal Battle bersama Wacken Open Air sejak tahun 2004. Pada tahun 2018 Sascha dilibatkan sebagai juri di ajang Wacken Metal Battle Indonesia.

Syarat dan Ketentuan Registrasi W:O:A Metal Battle Indonesia Tahun 2020

Syarat Ketentuan Registrasi W:O:A Metal Battle Indonesia 2020

Sebelum berlanjut pada point syarat dan ketentuan, dapat diinformasikan bahwa Wacken Metal Battle sendiridari awal berdirinya menjadi ajang kompetisi band bertaraf internasional yang digagas oleh pihak Wacken Open Air Festival, yaitu dimulai sejak tahun 2004 silam. Tujuannya adalah mengajak dan memberikan kesempatan kepada band-band metal independen yang ada dikawasan Eropa untuk dapat manggung dan berpartisipasi dalam Wacken Open Air Festival di Jerman. Seiring perjalanan waktu ajakan ini tidak hanya berlaku dibenua Eropa saja, namun telah menyebar dan mendapatkan respon di lebih dari 40 negara dari semua benua termasuk Indonesia.

Selanjutnya mengenai kompetisi Wacken Open Air Festival di Indonesia ini, cara pendaftarannya dilaksanakan secara online,  yaitu melalui situs W:O:A Metal Battle Indonesia 2020, dan dibuka untuk jangka waktu terbatas, yaitu sekira bulan Maret hingga bulan Mei 2020. Tentang syarat dan ketentuan lebih lengkap, sila bisa menyimak beberapa point yang terpaparkan di bawah ini.

  1. Band yang dapat mendaftarkan diri dalam W:O:A Metal Battle Indonesia 2020 adalah band dengan aliran musik ekstrim (metal, punk, hardcore, dan lain-lain)
  2. Seluruh personil band adalah warga negara Indonesia asli
  3. Seluruh personil band berusia minimal 18 tahun
  4. Memiliki karya musik sendiri
  5. Mengisi formulir registrasi untuk W:O:A Metal Battle Indonesia 2020 di www.djarumcoklat.com
    Catatan:

      • Setiap band wajib mengisi seluruh informasi yang tertera dalam formulir dengan lengkap
      • Setiap band wajib mengunggah tiga materi lagu sendiri (bukan berupa cover atau remix dari materi lagu milik band lain) dalam format MP3
      • Foto yang diunggah tidak mengandung unsur SARA dan tidak memasukan unsur lain selain personil band
      • Materi tambahan dalam format video (lewat link YouTube) sangat direkomendasikan
  6. Karya musik yang dikirimkan untuk berpartisipasi di W:O:A Metal Battle Indonesia 2020 tidak terikat dalam produksi atau project musik baru dengan label mana pun, kecuali self-label atau atas seizin label yang bersangkutan
  7. Setiap band wajib mengirimkan:

      • Minimal tiga buah lagu (album, mini album, atau demo) dalam bentuk CD atau kaset, maksimal rilisan tahun 2016
      • Formulir pendaftaran yang sudah dicetak (dapat diunduh langsung setelah proses registrasi)
      • Fotokopi KTP setiap personil, dikirim ke alamat:
        Official Partner W:O:A Metal Battle Indonesia 2020: ATAP PROMOTIONS
        Jalan Reog No. 57, Bandung -Jawa Barat
        Indonesia
        40264
  8. Kategori penilaian pemenang ditentukan dan diputuskan oleh para juri. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat
  9. Band pemenang bersedia mengikuti dan mematuhi peraturan yang telah ditentukan oleh DCDC dan W:O:A Metal Battle Indonesia 2020
  10. Personil band pemenang bersedia diberangkatkan ke Wacken Open Air 2020 di Wacken, Jerman. (Keberangkatan diinformasikan lebih lanjut)
  11. Ketentuan dan informasi bagi pemenang akan diumumkan selanjutnya

PERIODE PENDAFTARAN DAN PENGIRIMAN RILISAN FISIK: MARET– MEI 2020

Demikian perihal program spesial yang terlaksana berkat dukungan penuh dari DjarumCoklatDotCom dan bekerjasama dengan The Metal Rebel dan ATAP Promotions ini. []

Source: djarumcoklat(dot)com

4.9/5 - (7 votes)

4.9/5 - (7 votes)

Simak Pula Pawarta Tentang , Atau Adicara Menarik Lain Oleh Official Adm


Tentang Official Adm